Some Text

Assalamualaikum wr.wb :D

Monday, January 21, 2013

Impedansi Akustik dan Impedansi Elastik

Impedansi Akustik adalah kemampuan suatu batuan untuk melewatkan gelombang seismic yang melaluinya. Impedansi akustik secara matematis dapat dituliskan sebagai perkalian kecepatan gelombang kompresi dengan densitas batuan. Semakin besar nilai densitas batuan atau semakin keras suatu batuan tersebut maka nilai impedansi akustiknya juga akan semakin besar.


Gambar diambil dari seismicinterpreter.wordpress.com

Dikarenakan nilai kecepatan lebih besar dibandingkan dengan orde nilai densitas, maka harga AI cenderung dikontrol oleh kecepatan gelombang seismik pada batuan ( lihat rumus ). Perbedaan harga IA didapatkan karena adanya perbedaan densitas maupun kecepatan gelombang seismik yang melewati medium yang diinterpretasikan sebagai kontras litologi.   Berikut dilampirkan rumus impedansi untuk menghitung AI



Menurut Connoly (1999) sebagai suatu persamaan Impedance, jika sudut itu nol, maka disebut AI ( Akustik Impedansi ), kalau kita melihat perubahan amplitude terhadap offset ( AVO ) pada data gather / pre stack maka cara lain untuk melihat perubahan AVO adalah dengan membandingkan angle stacknya ( near, mid, far )/ post stack. Sehingga bisa dikatakan bahwa EI adalah generalisasi AI dari beberapa sudut datang. 



Gambar diambil dari ensiklopediseismik.blogspot.com

Hal ini biar lebih simple saja, karena mungkin dirasa kurang praktis untuk melihat perubahan AVO pada gather yang harus diproses lagi secara optimal, terutama apabila kita menangani data yang besar, kualitas yang kurang baik, dan terdapat kompleksitas pada ruang geologinya. 

Jadi kalo misalnya kita dapatkan near, mid, far stacknya dan dibandingkan antara near dengan far maka kita akan tahu perubahan AVO. Metode EI diharapkan lebih baik dari AI dalam mengkarakterisasi reservoir karena adanya parameter gelombang S. Perluasan kurva EI untuk setiap kombinasi sudut datang dan gradiennya dikenal sebagai EEI. Biasanya metode ini digunakan untuk membantu mengkarakteristik litologi dan kandungan fluida reservoir.

Dengan memanfaatkan data sudut gathers dan manipulasi matematik maka akan diperoleh rock properties seperti Vp/ Vs yang membantu memisahkan sand dari shale yang sebelumnya tidak dapat dibedakan dari zero offset seismic inversion.




1 comment:

Unknown said...

AI berbanding lurus terhadap kekerasan batuan dan berbanding terbalik dengan porositasnya..
apa maksdnya??
tolong dihubungkan dengan rumus AI td..

#mohon balasan secepatnya..