Some Text

Assalamualaikum wr.wb :D

Sunday, November 11, 2012

BISMA INDOFOOD LEADERSHIP CAMP IV on ACTION in SMA BINA SISWA, RIAU



Mendidik adalah kewajiban setiap orang terdidik, kalimat ini mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh kita semua, kewajiban menuntut ilmu setinggi langit merupakan impian seorang terdidik untuk mendidik orang lain menuju kehidupan yang lebih baik. Sesuai dengan cita cita Negara Indonesia yang terjabar dalam alinea IV Pembukaan UUD 1945, yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Suatu harapan dan mimpi para pendahulu untuk mencerdaskan bangsa ini dari segala macam bentuk penjajahan. Untuk itulah Indofood membekali para mahasiswa dengan acara Pelatihan Indofood Leadership Camp, turun ke lapangan sebagai kontribusi nyata memahami permasalahan pendidikan yang ada.

Dibekali kepemimpinan, profesionalisme, kemandirian, dan sikap pantang menyerah, 41 siswa dari 11 Universitas di seluruh Indonesia tergabung dalam Beasiswa Indofood Sukses Makmur yang bekerjasama dengan Karya Salemba Empat ( KSE ) mendapatkan beasiswa Indoofood Leadership Camp IV batch 4 di Kayangan Estate, Riau. ITB, UI, UGM, ITS, UNPAD, IPB, UNAND, USU, UDAYANA, UNDIP, dan UNSRAT berkontribusi menjadi satu untuk Indonesia yang lebih baik. Perjalanan Leadership ini tidaklah mudah, mereka adalah calon calon leader yang telah lolos seleksi dari camp camp sebelumnya yaitu batch 1 & 2  yang dilaksanakan di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah dan batch 3 yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat.

Pada tanggal 18 Oktober 2012, 41 mahasiswa yang tergabung menjadi satu dalam Bisma Indofood Leadership Camp Batch 4, melakukan kontribusi nyata ke SMA Bina Siswa, Kayangan Estate, Riau kelas 1, 2, 3 untuk berbagi inspirasi dan motivasi menuju kehidupan yang lebih baik. Acara yang dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB berlangsung seru dan interaktif. Disambut ramah oleh Kepala Sekolah SMA Bina Siswa, siswa siswi pun tak kalah antusias menyambut kedatangan para leader masa depan ini.

Acara pun berlangsung seru, materi yang diberikan pun berbeda beda, untuk kelas 1 atau kelas X dan kelas XI, materi yang dibagikan adalah tentang mengejar mimpi untuk berprestasi, motivasi sekolah, kesehatan reproduksi, games interaktif, dan pengetahuan tentang miksroskop. Sedangkan materi untuk anak kelas XII adalah materi untuk melanjutkan kuliah dan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa, persiapan ujian nasional, dan motivasi untuk berprestasi.

Untuk kelas X dan XI ditekankan untuk mempelajari mikroskop dan kesehatan reproduksi. Maklum, di daerah ini mikroskop adalah alat yang bisa dibilang langka. Bahkan untuk sekelas Sekolah Menengah Atas, jumlah mikroskop yang dipunyai SMA ini hanya berjumlah 20 alat. Sedangkan untuk kesehatan reproduksi sendiri ditekankan agar para siswa siswi hati hati dalam bergaul terutama pergaulan bebas. Tahun kemaren menurut mas Effendi salah satu pemerhati pendidikan di daerah Kayangan Estate ini 4 pasangan mengundurkan diri dari sekolah karena hamil diluar nikah.

 Daerah kayangan Estate adalah suatu daerah perkebunan kelapa sawit yang jauh dari kota, proses belajar mengajar pun masih secara tradisional. Pengetahun komputer dan mikroskop sangat minim disini. Keterbatasan fasilitas dan sarana belajar mengajar mempengaruhi kegiatan belajar mengajar mereka. Bahkan menurut Kepala Sekolah SMA Bina Siswa, beberapa siswa mereka banyak yang tidak melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Untuk itu para leader BISMA ini dituntut kontribusinya dalam pengabdian masyarakat, terutama mengatasi masalah “kegalauan” para remaja dalam proses belajar mengajar. Untuk sharing dan developing para siswa siswi SMA Bina Siswa agar lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan.

Para mahasiswa yang tergabung disini terdiri dari berbagai macam jurusan keilmuan, sebut saja Martinus, Kedokteran Hewan UGM, 2008, yang bekerjasama dengan Neneng, Ilmu Keluarga IPB, 2008, dan Yunus, Teknik Mesin ITB, 2010. Mereka bertiga mengajar kelas XI IPS. Pertama mereka membuat games interaktif dengan membuat piramida dengan sedotan. Piramida yang menang adalah piramida yang susunannya paling tinggi. Acara pun berlangsung seru,  mereka diajarkan untuk saling bekerjasama dan saling memahami sifat satu sama lain. Kemudian setelah dilakukan games interaktif mereka disuruh mengutarakan mimpi mimpi mereka di masa datang. Ada yang ingin jadi ahli ekonomi, ada yang ingin jadi akuntan, jadi bupati dan lain lain. Yang ketiga mereka diberi renungan kehidupan, apa yang mereka lakukan sejak kecil hingga saat ini, dan untuk siapa mereka hidup. Di interaksi ini banyak sekali siswa atau siswi yang meneteskan air mata. Kemudian acara terakhir ditutup dengan penjelasan kesehatan reproduksi oleh Errick, Mahasiswa Kedokteran, USU ( Universitas Sumatera Utara ), 2009.

Di kelas 3 pun tak kalah serunya, dimotori oleh Rizky Maulaya, Ilmu Teknologi Pertanian, IPB 2008, siswa siswi kelas 3, disemangati akan peluang kuliah, apa yang didapatkan sebelum dan sesudah kuliah, kenapa harus kuliah, dan tips and trick menghadapi ujian nasional. Di akhir acara, seluruh leader BISMA berkesempatan untuk foto bareng dengan para guru SMA Bina Siswa. 

Keterbatasan suatu fasilitas kadang kadang mempengaruhi proses belajar mengajar suatu sekolah. Tapi keterbatasan itu tak mempengaruhi mimpi dan semangat anak muda yang merancang peradaban untuk kesejahteraan negeri ini. The winner never excuse. Suatu pengabdian yang tulus untuk ibu pertiwi dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

 Bisma Leadership Camp adalah suatu program terobosan baru yang terstruktur dan tersistemisasi dalam pelatihan kepemimpinan. Suatu kontribusi nyata untuk Indonesia yang lebih baik. Bukankah manusia itu diciptakan untuk saling memberi manfaat bagi orang lain ? Wahai para pemimpin ditunggu aksi selanjutnya wahai para mahasiswa. J (apw)

5 comments:

Anonymous said...

mantep mas. dadi pengen aku ikut bisma. :D

Unknown said...

hehe makasih ya, iya dek semoga kamu dapat kesempatan bisma selanjutnya ya :)

Unknown said...

oh.. SMA BINA SISWA yang dibalam,kecamatan Bagansinembah, rokanhilir?

Veri datu Parulas said...

senang banget dengar dan baca nya Kabar Berita ini
saya Verianto Sihombing.
terus terang merasa banggga dan Senang Banget dengar nya karena semakin hari,
semakin ada perkembangan Nya SEKOLAH TERCINTA saya ini
Saya STAMBUK 1 ( PERTAMA ) DI SEKOLAH SMA SWASTA BISA ( BINA SISWA )
Meskipun pertama kali saya Masuk ke Sekolah INi, sering banyak Orang Berkata Mengapa Kamu mau Masuk Ke Sekolah Kebun Sementara KAmi anak Kota Pindahan Dari Medan Kok MAsuk Kebun?
Sekolah Itu Kolot dan udik kata2 Orang Dulu
tapi, saya tidak pernah Menggubris nya
sehingga saya bisa Lulus dan Tamat dari SEKOLAH SMA SWASTA BISA
BAnyak KENANGAN DAN Memory yang tak Terlupakan Pada saat Masa SMa Dulu
Dmana< PAra GURU nya Juga TErmasuk TENAGA PENDIDIK yang PROPESIONAL dan Berbaur dengan SISWa nya
Terimaksih Banyak Buat Guru2 ku
Ada BAPAK MHD.KHOLID sebagai MOTIVATOR saya Dalam Menghadapim Kehidupan ini setelah tamat sekolah banyak Ilmu..
Pelajaran...
serta pengalaman yang Prenah Beliau Berikan Kepada saya di saat yang Beliau lalui di mau berbagi kepada saya
Ada juga Ibu Lingga..
walaupun Beliau Cerewet namun dia Seorang Guru sekaligus Ibu buat saya
yang selalu memberikan saya masukan buat semangat Hidup Dalam PERANTAUAn..
ada juga Ibu Hernita..
yang Mengajarkan saya Tentang Tuhan dan Bersabar dalam segala hal..
ada juga ibu MAtematika,maff saya udah lupa nama tapi bukan lupa Semua jasa nya di saat mendidik dan memberika saya ilmu selama sekolah di SMA SWASTA BISA KAYANGAN
Ada juga PAk SUNARTO yang mengajarkan saya mengenai BAhasa dan Tentang Percaya diri dalam Menghadapin oarang2 Besar sehingga Bisa PERCAYA diri tampil
dan ada juga bapak YUDHA yang mengajarkan Saya Speaking dalam Bahasa Luar,meskipun saya terkadang Salah.
tetapi beliau selalu sabar dan tabah mengajarin saya
dan saya juga tidak lupa dengan Bapak JASIMAN yang mengajarkan saya tentang Ilmu Alam sehingga saya bisa Mengukur dan Tahu mengenai gravitasi Alam ini..
begitu juga dengan Bapak Saragih yang selalu menyuruh saya maju ke depan Untuk Mnulis Rumus Moloku2 Atom sehingga akhir nya saya tahu apa itu Nacl
sehingga saya sekarang bisa tahu setelah saya bekerja di RSUD walapun sebagai SECURITY
saya juga minta mff kalau masih ada Lagi Tenaga Guru yang masih belum bisa saya sebut kan satu persatu...
terimaksh banyak buaut Para BAPAK,IBU GURU Yang BAik HAti
semoga kalian sehat selalu dan selalu dalam lindungan Tuhan...
YOUR MY TEACHER IS GOOD IS VERY GOOD FOR ME.
THAKS VERY MUCH FOR MY THE TEACHER IN MY SCHOOL SMA SWASTA BINA SISWA KAYANGAN
FROM.BY VERIANTO SIHOMBING STAMBUK 2003 TAMATAN 2006

Veri datu Parulas said...

Tolong Disampaikan Iya..
Kepada Bapak, Ibu Guru KIta Yang ADA di SMA SWASTA BINSA SISWA KAYANGAN.
Atas kerja sama nya saya ucapkan banyak terima kasih.