Some Text

Assalamualaikum wr.wb :D

Thursday, September 6, 2012

Tugas Gelombang

Hari ini saya mendapat tugas gelombang, walaupun tugasnya ditulis tangan tapi saya akan share melalui media digital, barangkali ada rekan rekan yang membutuhkan . Tugas ini juga belum tentu sepenuhnya benar, jadi apabila ada masukan atau koreksi benar benar sangat diperlukan dalam penyempurnaan tugas ini. Tugasnya adalah menuliskan sebuah prinsip kerja dari geophone, transducer dari piezoelectric, dan transducer dari LVDT ( Liniear Variable Differential Transformer ). Oke kita akan bahas satu satu prinsip kerjanya.

Untuk yang pertama adalah geophone, apa geophone itu ? geophone adalah suatu jenis sensor yang dapat mendeteksi segala aktifitas seismik dimana terdapat suatu data yang bisa mengintrepretasi pemukaan bawah tanah.  Gambar gephone dapat dilihat sebagai berikut.


Bagaimana prinsip kerjanya ? Prinsip kerja Geophone sangat sederhana dimana ketika terdapat getaran seismik yang mengenai geophone menyebabkan pegas yang ada di dalamnya berosilasi. Gerak osilasi pegas tersebut menyebabkan terjadinya fluks karena lilitan yang berubah posisi terhadap magnet ataupun sebaliknya. Fluks yang dihasilkan menimbulkan munculnya GGL induksi. Output berupa voltage ini di visualisasikan dalam bentuk sinyal sinusoidal. Sinyal sinusoidal itu yang akan kita baca hasilnya.

Sedangkan untuk transducer dari piezoelectric, kita tahu bahwa transducer dalah sebuah alat yang mengubah satu bentuk daya menjadi bentuk daya lainnya, atau bisa juga sebagai pengubah ukuran atau informasi (misalnya sensor tekanan). Transduser bisa berupa peralatan listrik, elektronik, elektromekanik, elektromagnetik, fotonik, atau fotovolkanik. Dalam pengertian yang lebih luas, transduser kadang-kadang juga didefinisikan sebagai suatu peralatan yang mengubah suatu bentuk sinyal menjadi bentuk sinyal lainnya. Pada piezoelectric ini adalah suatu sensor yang prinsip kerja piezoelektrisitas adalah kemampuan dari suatu benda untuk menghasilkan potensial listrik sebagai response terhadap tekanan mekanik yang diberikan kepadanya. Berikut gambar piezoelectric


Prinsip kerjanya adalah ketika sebuah muatan listrik positif dan muatan listrik negatif terpisah, namun tersebar secara simetris sehingga secara keseluruhan kristal bersifat netral. Masing-masing sisi dari piezoelektrik membentuk kutub listrik dan ketika suatu tekanan mekanik diterima oleh kristal piezoelektrik, bentuk simetris dari tiap-tiap muatan listrik tersebut berubah menjadi tidak simetris dan akan menghasilkan tegangan listrik/ potensial listrik.

Pada LVDT ( Liniear Variable Differential Transformer ), adalah termasuk jenis transducer Induktif, dimana prinsip kerjanya mengubah besaran nonlistrik menjadi perubahan nilai kapasitansi atau nilai induktif. Pada LVDT perubahan posisi inti menyebabkan timbulnya tegangan pada kumparan sekunder, hal itu bisa dilihat apabila tekanan dalam tabung bertambah, maka tabung akan bergerak menyusut dan bila tekanan pada tabung berkurang, maka tabung akan bergerak mengembang. Pergerakan tabung tersebut akam membuat inti LVDT akan tertekan dan tertarik ujung tabug sehingga LVDT akan menghasilkam nilai induktansi magnetik. Gambar kontruksi LVDT. 



Referensi

No comments: