Some Text

Assalamualaikum wr.wb :D

Wednesday, September 12, 2012

Hikmah di balik Kuis Zat Padat Kelabu


Hahaha mungkin judulnya agak nyentrik, tapi memang begitulah cerita yang sebenarnya, memang benar benar kuis physics solid state kelabu di hari selasa, dengan persiapan yang minim, dan seadanya alias ga belajar, maklum lagi sakit :p akupun dengan PDnya menghadapi kuis itu tanpa berbekal senjata ke medan pertempuran. Sudah tahu hari itu kuis tapi saya benar benar menghadapinya tanpa beban, tanpa rasa panik, tanpa persiapan belajar sebelumnya, dan tanpa catatan yang akhirnya dapat gratis karena duduk di himpunan. Materi zat padat sudah 2 kali pertemuan saya ga masuk kelas karena memang sakit dan pas masuk tiba tiba diberi tahu kalo ada kuis. Duh, otak juga belum siap untuk menerima materi setelah digilir habis habisan dengan liburan panjang bisa bisa konslet nih apalagi habis sakit, ibarat sebuah motor belum diservice tanpa dipanasin langsung diajak ngebut deh keluar kota, ya tahu sendiri kan akibatnya. :D

Soalnya terdiri dari 5 essay yang harus dijawab secara singkat dan tepat, bayangin aja pas ngelihat soalnya saya ketawa nyengar nyengir, berharap ada keajaiban, keajaiban itu ada karena kamu berusaha, udah tahu kuis malah ga belajar, hahaha :D. Saya pikir karena materinya baru sedikit prediksi saya yang keluar pasti di sekitar bab bab sebelumnya yang sudah dipelajari, eh ternyata berbanding terbalik dengan apa yang sudah saya harapkan, bahwa untuk menguasai materi 4 sks ini ya memang harus berusaha keras untuk belajar, tak ada yang namanya keajaiban, adanya keajaiban usaha dan doa, kuis pertama ini membuka mata saya agar jangan malas malasan di tingkat 4, harus giat berusaha. Kejar mimpi kejar target.

Sebenarnya saya bisa mengerjakannya ( sedikit menghibur diri :D ), karena saya pikir saya selalu duduk manis di kelas dan memperhatikan dosen saya mengajar, hampir dipastikan saya "agak" mengerti materi fisika zat padat ini mengenai kristal, karena mayoritas inti materi dari solid state adalah berbahan dasar kristal, akan tetapi karena 2x tidak masuk kelas, maka saya kehilangan beberapa materi yang sangat berharga, ilmu itu mahal sahabat, padahal mudah sekali mencari ilmu tinggal datang dan masuk kuliah, ini sebuah pengalaman saya agar temen2 semua rajin datang kuliah walaupun sakit juga, kecuali yang sakitnya parah dan perlu rawat inap, makanya ini saya catat dalam diri saya sendiri bahwa jangan pernah ga masuk kuliah, kenapa ? karena diri kita sendiri yang mengalami kerugian, kalo ga merasa rugi berarti anda tidak menghargai pentingnya ilmu dalam diri anda. Sekarang tanyakan lagi pada diri anda sendiri apa orientasi anda ketika kuliah ? Indeks nilainya atau ilmu yang diperoleh ? Jawaban itu tergantung dan terserah intrepretasi temen temen dalam mengambil kuliah dan itu sekali lagi murni hak dari temen2, saya cuma ingin sedikit share tentang hikmah saya ga bisa ngerjain kuis fisika zat padat, yang penting saya sudah berusaha sekuat tenaga untuk mengerjakannya, hehehe. Setiap masalah yang kita alami pasti ada hikmah yang dapat dipetik agar ita tidak jatuh di lubang yang sama untuk yang kedua kalinya, ya ga ? hehe :)

No comments: