Some Text

Assalamualaikum wr.wb :D

Tuesday, October 2, 2012

Langkah Membuat Visi dan Misi



Bismillah, diawali dengan sebuah doa, insya allah disini saya mencoba untuk berbagi tentang cara membuat visi dan misi ketika saya menjadi calon presiden dulu, ketika saya menjadi capres dulu, Presiden Sebelumnya Mas Reda, juga memberi arahan kepada saya dalam pembuatan visi untuk menjadi BG1, intinya simple kalian punya arah dan tujuan yang realistis dalam mencanangkan suatu program untuk satu tahun kedepan, sebaiknya tulisan ini bukan menjadi  satu satunya referensi kalian para capres  dalam pembuatan visi dan misi. Hal hal utama yang harus dilakukan adalah

1. Analisa SWOT  (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) organisasi yang kamu pimpin
Mungkin terdengar biasa, tapi analisa SWOT adalah analisis yang paling wajib untuk mempimpin suatu organisasi, cari kelebihannya, ketahui kekurangannya, apa ancaman yang mengganggu, dan apa peluang yang ada dalam organisasi tersebut. Buat tulisan itu mengalir sesuai apa yang kamu pikirkan, jika tidak ada, brainstorminglah dirimu sendiri, jangan lupa melakukan survey ke penghuni lama, atau menanyakan alumni yang baru saja lulus dari Asrama untuk memberi inputan. Pilah pilah kalimat yang intinya sama agar lebih efektif dalam penyusunan kata.

Saran saya :

a. Carilah input sebanyak banyaknya :
Jangan pernah malu bertanya kepada semua angkatan, jangan merasa bahwa anda yang paling mengerti segalanya, tanyalah pada karyawan tentang masalah yang terjadi satu tahun belakangan ini, mantan mantan presiden sebelumnya, Badan Pengurus yang sekarang, rekan rekan penghuni baik tua maupun muda dan para capeng. Hasil yang didapatkan bisa dipilah kedalam SWOT untuk dijadikan pegangan bahwa data yang anda yakini adalah benar dan valid karena melalui survey terlebih dahulu.

b. Buat 2 kolom untuk kalimat positif dan kalimat negatif
Setiap input yang kita dapatkan dari berbagai macam sumber, ada yang positif dan ada yang negatif. Agar lebih mudah dalam pengelompokan kita pilah mana yang kalimat positif dan mana kalimat yang negatif, sehingga memudahkan kita dalam menganalisa SWOT. Untuk yang sifatnya Internal ( biasanya pada Departemen BP ) itu mencakup Strength dan Weakness.  Sedangkan untuk bagian yang sifatnya eksternal adalah Opportunity dan Threat.

c. Review
Setelah dipilah pilah dan dimasukkan,  sekarang dicoba untuk mereview kembali analisa SWOT yang kita tentukan. Apabila anda punya team sukses, paparkan SWOT yang anda punya, anda butuh koreksi dan masukan agar SWOT yang anda buat itu bukan murni pendapat anda secara subyektivitas tetapi didapat dari pemikiran bersama dengan survey terlebih dahulu.  

2. Menentukan visi dari analisa SWOT
Visi adalah sesuatu yang ingin kita capai kedepannya, analisa SWOT tadi terdiri dari kalimat positif dan negatif kan?  Kalo saya dulu hasil dari analisa SWOT positif dijadikan kekuatan pada visi saya dan mencari solusi dari analisa SWOT negatif, visi kita menjawab permasalahan yang ada di organisasi ini agar kedepannya menjadi lebih baik. Kita ada dan dipilih karena dituntut untuk membuat perubahan.
Saran saya :

a. Buatlah Visi yang tidak melanggar AD/ ART KAM BG ITB
Dalam pembuatan visi, anda harus mencantumkan AD/ ART KAM BG ITB sebagai referensi, ada point point yang mendukung dalam pelaksanaan program kerja kedepannya

b. Buatlah visi yang singkat dan gampang diingat
Visi tidak perlu kalimat yang berintelektual tinggi, yang penting gampang diingat, dan itu menjadi branding kalian untuk satu tahun kedepan, hearing cuma sekali dan pencerdasan ke penghuni waktunya sangat singkat, jadikan visi sebagai tagline yang mudah dihapal agar menjadi kekuatan ketika anda kampanye, visi tersebut identik dengan diri anda dan program kerja anda kedepan.
Seperti visi saya dulu

“BG YANG PAS ( PEDULI, ANTUSIAS, SINERGI )”

Mudah diingat dan menjadi kekuatan yang memotivasi diri sendiri

3. Menentukan misi
Misi adalah suatu penjabaran dari visi yang menurut saya terukur dan realistis, bukan angan angan belaka. Pelajari program kerja program kerja sebelumnya buat inovasi dan proker unggulan dari penjabaran visi. Misi daya dulu ketika menjadi capres

1.  Meningkatan rasa kekeluargaan dan kepemilikan satu Bumi Ganesha
2.  Menjadikan program BP yang antusias bagi seluruh elemen BG
3.  Peningkatan sektor usaha ekonomi BG
4. Sinergisasi hubungan KAM BG ITB dengan alumni dan masyarakat sekitar
5. Meningkatkan pendokumentasian dan pengarsipan

Misi ini nantinya akan dijabarkan ke dalam program kerja tahunan yang dirapatkan dengan para mentri, sifatnya lebih khusus dan biasanya berbentuk point point. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian para capres, saran saya carilah informasi informasi lainnya, kepada para penghuni, dan para capres dari tahun ke tahun. BG ini miniatur negara dalam skala yang lebih kecil.

Jadilah pemimpin yang bijaksana dan merangkul setiap penghuni, ini bukan organisasi pemerintahan tetapi organisasi keluarga yang berjalan secara profesional. Setiap orang punya jiwa kepemimpinan, jemput takdir kepemimpinanmu untuk orang - orang yang menggantungkan hidupnya pada bangunan tua ini.

Jangan termakan oleh pujian, pujian itu adalah racun yang menghambat kinerja, jangan merasa paling hebat dalam segala hal, Siapapun kamu, apapun status/kedudukan kamu nantinya, kamu tetap bisa memberi dan berkontribusi. Jika anda tidak pernah berusaha maksimal, anda tidak akan pernah merasakan nikmatnya menjadi seorang pemenang.

Salam
Arif Pandu Winarta
"Hampir Mantan" Presiden BP XXX




4 comments:

nugroho adi putranto said...

membantu gan soalnya ane jga lagi butuh pencerahan ttg visi misi. makasi :)

mampir juga ke blok ane yah :)
nadiputranto.blogspot.com

arif pandu said...

hehe terima kasih semoga sukses ya membuat Visi dan Misinya hehe

Risha Gustiani said...

Thanks bang.. bantu banget, SUMPAH..

arif pandu said...

iya sama2, semoga bisa bermanfaat :)